Alasan Kenapa Menikah Muda Itu Nikmat

Kumpulan Artikel Lainnya » Alasan Kenapa Menikah Muda Itu Nikmat

Menikah bisa jadi menjadi keharusan yang memang dilakukan. Selain karena akan tercipta nya keturunan, menikah pun rupa nya kewajiban bagi umat muslim.

Rasulullah SAW bersabda:

“Wahai para pemuda, barang siapa di antara kalian sudah mampu secara materi dan jasmani maka menikahlah karena hal itu bisa menjaga mata dan kemaluan, maka barang siapa tidak mampu hendaknya ia berpuasa karena puasa terdapat obat.” (H.R. Muttafaqun Alaih)

Berikut beberapa alasan kenapa menikah mudah jauh lebih nikmat ketimbang harus menunggu usia yang lebih tua:

  • Menundukkan pandangan dari yang bukan muhrim.

Alasan yang mendasar dari kenapa Anda harus menikah adalah menundukkan pandangan dari yang bukan muhrim. Menghindari fitnah yang berkepanjangan. Terlebih lagi melihat pergaulan jaman sekarang yang semakin meresahkan. Gaya berpakaian yang sudah tidak lagi memperhatikan batasan-batasan. Aurat diumbar kesana-kemari. Naudzubillah

  • Allah jamin rezeki Anda

Allah menjamin semua rizeki hamba-Nya yang berani menikah. Semua nya Allah SWT yang tanggung. “Dan nikahkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (menikah) dari hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan mengkayakan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha Luas (pemberianNya) dan Maha Mengetahui.” (QS. An Nuur (24) : 32).

  • Tidak terburu-buru memiliki momongan

Setelah menikah, akan ada pertanyaan ‘kapan punya anak?’, namun ketika Anda berani memutuskan untuk menikah muda, pertanyaan-pertanyaan seperti itu akan jarang Anda temui. Karena ‘mungkin’ mereka menyadari bahwa Anda dan pasangan tidak diburu usia.

  • Lebih nikmat

Alasan lain dari nikmat nya menikah menikah muda adalah Anda akan merasakan kenikmatan ketika sedang berdua dengan pasangan Anda. Subhanallah, sesuatu yang bahkan Allah SWT haramkan sebelum menikah kini sudah Allah halalkan. Bahkan bisa dijadikan ladang pahala.

Selain itu, energi Anda tidak akan mudah terkuras karena masa-masa muda adalah masa dimana energi masih kuat dan masa produktif yang baik.

  • Tidak akan kewalahan di masa tua

Selain karena hal-hal yang Allah SWT berikan di atas, kenikmatan menikah muda pun dapat Anda rasakan ketika sudah menghadapi masa-masa tua. Di masa ini, Anda tidak akan merasakan kewalahan lantaran anak-anak Anda yang masih saja belum bisa mandiri. Sebalik nya, justru akan lebih merasa sedikit terkurangi beban-beban  Anda karena anak Anda sudah semakin beranjak dewasa. Ketika kelelahan, Anda pun tidak harus melalaikan kewajiban Anda mengurus suami Anda. Seperti memasak atau pun menyediakan makanan. Anda bisa saja meminta bantuan anak Anda untuk menggantikan pekerjaan rumah Anda untuk sementara waktu.


Namun, sebelum memutuskan untuk menikah muda, Anda juga harus mempertimbangkan kesiapan mental. Jangan sampai Anda malah hanya merasakan tekanan karena Anda belum siap hidup berdampingan dengan pasangan Anda.